Sabtu, 04 Juni 2011

Rp 500 Miliar Untuk Bangun Bandara Toraja

Konstruksi Bandara baru di Kabupaten Tana Toraja rencananya dimulai pada 2012 nanti. Lokasinya di Kecamatan Mangkedek dengan total lahan seluas 225 hektare dan runway dua arah sepanjang 1.900 meter sehingga telah dapat melayani pesawat berkapasitas 100 kursi.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan Masykur A Sulthan di Singapura, baru-baru ini. "Pemenang tendernya sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. Ditargetkan penyelesaian lahan rampung pada 2011, sehingga kita bisa lanjutkan dengan pembangunan konstruksi pada 2012," ujarnya.

Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten menyediakan lahan pembangunan bandara sementara anggaran pembangunan konstruksi sekitar Rp 200 miliar melalui APBN-perubahan 2011.

"Lahan memang menjadi kendalanya selama ini dan telah ditangani oleh bupati. Kita tinggal cari waktu yang baik dengan warga setempat untuk memulai melakukan pengerjaannya," katanya.

"Total anggaran pembangunan lebih dari Rp500 miliar dengan anggaran patungan bersama pemerintah provinsi kabupaten serta pemerintah pusat. Anggaran pembangunan terminal juga terdiri dari APBN dan APBD," jelasnya. Soal siapa yang akan mengelolanya baru akan ditentukan setelah pembangunannya rampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tulis Komentar Anda