Kamis, 25 November 2010

Ahmad Doli Kurnia Terpilih Sebagai Wapres Pemuda Dunia

Kongres Pemuda Dunia atau General Assembly of World Assembly of Youth (WAY) ke-15 digelar di di Putri Resort, Malaka, Malaysia. Sidang Umum yang dirangkaikan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden Pemuda Dunia telah menghasilkan Ahmad Doli Kurnia sebagai wakil presiden WAY terpilih, Rabu (24/11/2010).

Sidang Umum WAY ini telah berlangsung dari tanggal 21–25 November dengan agenda penetapan hasil-hasil sidang umum dan deklarasi pemuda dunia tentang perdamaian. Ketua Umum DPP KNPI, Ahmad Doli Kurnia terpilih sebagai Wakil Presiden Pemuda Dunia mendampingi Presiden terpilih asal tuan rumah Malaysia, Datuk Idris Haron, untuk memimpin organisasi WAY periode 2010-2014.

Pemilihan yang berlangsung mekanisme voting , Ahmad Doli Kurnia mengalahkan enam kandidat dari negara lain yaitu, Korea Selatan, Yaman, Bangladesh (Asia), Macedonia (Europe), Nigeria, dan Namibia (Africa).

Menyambut kemenangan tersebut Doli menyampaikan rasa syukurnya atas kepercayaan yang diberikan oleh anggota WAY kepadanya. Menurut Doli, hasil ini merupakan bukti bahwa pemuda Indonesia tetap diperhitungkan dalam kancah pemuda internasional.

“Ini adalah sebuah kepercayaan besar dari anggota WAY bagi Indonesia dan KNPI. Amanah ini akan saya jalankan sebaik-baiknya untuk memajukan eksistensi pemuda Indonesia dikancah internasional, memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia melalui organisasi pemuda internasional dan mendorong implementasi isu-isu strategis yang diperjuangkan oleh DPP KNPI.” ujar Doli usai agenda pemilihan Presiden dan Wakil Presiden WAY.

Sidang Umum Pemuda Dunia (General Assembly of WAY) kali ini telah memutuskan sejumlah agenda dan isu penting yang juga diusulkan oleh delegasi DPP KNPI. Indonesia terpilih dan dipercaya sebagai Vice President karena dinilai sangat aktif menyampaikan visi dan agenda-agenda dunia yang harus menjadi pandangan dan program pemuda di seluruh dunia. DPP KNPI juga mendapatkan sambutan luar biasa dari para peserta terhadap perjuangan delegasi Indonesia dalam mengangkat dan memasukkan isu tentang Climate Change menjadi isu utama dalam General Assembly kali ini.

“Melalui forum ini, DPP KNPI juga memperjuangkan beberapa isu strategis agar dimasukkan sebagai isu utama pemuda dunia. Indonesia menyampaikan video presentation terbaik di forum ini, bahkan saya kira yang terbaik selama saya mengikuti dua kali General Assembly. Karena itulah para peserta memberikan dukungan kepada kita sebagai Vice President. Bahkan DPP KNPI mendapatkan rekomendasi resmi dan ditunjuk oleh WAY menjadi officially representative of WAY untuk membangun komunikasi dengan United Nation (PBB) terkait dengan isu Climate Change. ” ungkap Doli menambahkan.

Sidang Umum WAY yang berlangsung sampai kamis (25/11), akan ditutup secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Dato Ahmad Shabery Cheek. WAY sendiri merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi pemuda interasional yang beranggotakan 120 organisasi nasional kepemudaan dari seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tulis Komentar Anda