Minggu, 21 Juni 2009

Menara Barj Dubai 807 M Tertinggi di Dunia, 10 X Tinggi Menara Bosowa 74,1 M

Bangunan paling menjulang sejagat adalah Burj Dubai di Uni Emirat Arab yang mencapai 807 meter. Berarti “resmi” melampaui ketinggian menara televisi KVLY-TV di North Dakota, AS, yakni 628,8 meter. Dengan demikian, rekor bangunan tertinggi di dunia yang dipegang KVLY-TV sejak 1963 tumbang, demikian pernyataan Developer Emaar.

Sebenarnya KVLY-TV tak layak dibandingkan dengan kerumitan dan kecanggihan bangunan Burj Dubai. Sebab, menara yang dipakai televisi grup NBC dan CBS itu hanya berbentuk seperti antena televisi lazimnya. Bukan bangunan yang bisa dihuni. Yang menjaga agar tidak tumbang adalah rentangan ribuan kawat baja yang ditarik ke tanah di sekujur menara. Namun, KVLY-TV mampu bertahan sebagai bangunan buatan manusia tertinggi selama 45 tahun. Antena radio di Polandia pernah berhasil melampauinya pada 1974 dan 1991, tapi antena itu kemudian ambruk. Sebelum melampaui KVLY-TV, Burj Dubai yang 160 tingkat mengalahkan menara Taipei 101 yang setinggi 508 meter di Taiwan. Menurut Emaar, saat komplet nanti, Burj Dubai menelan 330 ribu kubik meter beton, 39 ribu ton baja, dan 142 ribu meter persegi kaca.

Emaar boleh bangga dengan rekor sekarang. Namun, menurut koran ArabianBusiness, perusahaan milik negara di Dubai, Nakheel, siap membangun gedung yang lebih menjulang lagi. Kompetitor Emaar itu akan membuat gedung setinggi 1.200 meter. Arsitek Australia, Woods Bagot, mendapatkan kontrak membantu pembangunan menara baru ini. Nakheel, yang menjadi bagian dari DubaiWorld, mengiyakan sedang bekerja sama dengan Woods Bagot. Namun, menolak memberikan info lebih detil. Negara-negara Timur Tengah, yang tengah banjir rezeki karena kenaikan harga minyak, memang tengah tergila-gila pada bangunan megah. Menurut Middle East Economic Digest yang berbasis di London, Arab Saudi juga tengah merencanakan membuat gedung setinggi 1.600 meter di Jeddah, kota di tepi Laut Merah.

Bagaimana dengan Makassar?? Bosowa Corporation membangun gedung perkantoran yang diberi nama Menara Bosowa berlantai 19 di depan Lapangan Karebosi, Jl Jenderal Sudirman, Makassar. Menara ini menempati lokasi PT Bosowa Trading Internasional (perusahaan yang menangani divisi pemasaran Semen Bosowa) ditargetkan selesai agustus 2009.

Menara ini menempati lahan seluas 4.272,47 meter persegi (m2). Tinggi menara 74,1 meter dengan luas bangunan 27.098 m2 dengan nilai total investasi Rp 100 miliar. Lantai gedung terdiri atas, basement, lower ground, ground floor, mezzanin floor, typical floor, dan dilengkapi halaman parkir. Nantinya, gedung ini akan dijadikan sebagai kantor pusat Bosowa Corporation berikut anak-anak perusahaannya. Bosowa Corporation mempunyai 33 jenis usaha yang dibagi dalam empat core bisnis semen, otomotif, infrastruktur, dan financial/multibisnis.

Rekor Bangunan Tertinggi di Dunia dipegang oleh :
1. Burj Dubai (Dubai Tower)
Letak : Dubai
tinggi : 512 M (807 bila di hitung spire nya)
2.Taipei 101
Letak : Taipe, Taiwan
tinggi : 508 M
3. Menara kembar Petronas
Letak : Kuala Lumpur, Malaysia
tinggi : 452 M
4. Menara Sears
Letak : Illinois, Chicago, USA
tinggi : 443 M
Di Indonesia rekor di pegang Mega Kuningan Jakarta dengan tinggi 330 M
Sedangkan di Makassar, rekor tertinggi adalah Menara Bosowa 74,1 M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tulis Komentar Anda